Struktur Morfologi Daun Jagung (Zea mays)

Struktur Morfologi Daun Jagung (Zea mays)





      Sumber gambar: 
                              

1.  Helai Daun: Helai daun pada tumbuhan jagung berbentuk panjang dan runcing dengan ujung yang meruncing. Permukaan helai daun pada tumbuhan jagung cukup halus dan tidak memiliki rambut-rambut kecil seperti pada beberapa jenis tumbuhan lainnya. Pada bagian atas helai daun, terdapat lapisan-lapisan epidermis dan jaringan penghubung, sedangkan pada bagian bawah helai daun, terdapat stomata yang memungkinkan pertukaran gas antara tumbuhan dan lingkungan sekitarnya.

2.  Tulang Daun: Tulang daun pada tumbuhan jagung terdiri dari sejumlah pembuluh daun utama yang terlihat sebagai garis-garis panjang yang membujur dari pangkal daun hingga ujungnya. Cabang-cabang tulang daun yang lebih kecil juga terdapat pada daun jagung dan membantu memperluas permukaan daun untuk fotosintesis. Tulang daun pada tumbuhan jagung tergolong paralel, artinya pembuluh-pembuluh daun utama berjalan sejajar satu sama lain.

3.  Tepi Daun: Tepi daun pada tumbuhan jagung relatif halus dan rata. Tepi daun jagung tidak memiliki gerigi atau gundukan seperti pada beberapa jenis tumbuhan lainnya. Namun, tepi daun jagung bisa saja berubah bentuk menjadi bergelombang pada beberapa varietas jagung. 



Komentar